Ingin menggunakan jasa konsultan untuk Penyusunan Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP)?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.
Jasa Penyusunan Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP)
RJMP menjabarkan arah perusahaan untuk tahun-tahun mendatang. Tidak seperti rencana jangka panjang, di mana tujuan dapat berlangsung selama beberapa dekade, RJMP mencakup periode waktu yang biasanya berlangsung selama tiga hingga lima tahun ke depan.
Definisi RJMP
RJMP adalah dokumen yang menggambarkan visi, misi, strategi dan tujuan jangka menengah perusahaan dan tindakan spesifik untuk mencapainya. RJMP biasanya disusun untuk jangka waktu 3-5 tahun dan menjadi tolak ukur perencanaan dan pengambilan keputusan bisnis perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengarahkan dan membidik perkembangan bisnis perusahaan dan memastikan bahwa perusahaan bergerak secara terkoordinasi dan efisien menuju visinya.
RJMP berisi informasi tentang masa depan perusahaan, masa depan industri tempat perusahaan beroperasi dan langkah-langkah apa saja yang harus diambil perusahaan untuk tetap kompetitif. Secara umum perencanaan perusahaan dibagi 4, antara lain: strategic planning (RJPP), tactical planning, operational planning dan contingency planning. Idealnya, perusahaan menyusun rencana jangka panjang terlebih dahulu misalnya 15-30 tahun, kemudian perencanaan tersebut dijabarkan per 3-5 tahun an sehingga menjadi RJMP.
Manfaat RJMP bagi Perusahaan
Berikut adalah beberapa manfaat RJMP bagi perusahaan:
- RJMP merupakan perencanaan yang paling efisien dari segi pelaksanaannya.
- RJMP digunakan untuk berkomunikasi dg karyawan dengan segala background untuk digerakkan menuju tujuan yang sama.
- RJMP melihat ke masa lalu serta masa depan untuk menetapkan hasil yang diinginkan. Sebuah perusahaan harus melihat di mana ia berada sehingga dapat merencanakan ke mana ia akan pergi.
- RJMP memberikan arah dan fokus bagi perkembangan bisnis perusahaan sehingga memastikan bahwa setiap tindakan yang diambil sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
- RJMP membantu perusahaan memprioritaskan aksi dan sumber daya untuk mencapai tujuan bisnis, sehingga memastikan bahwa sumber daya tidak terbuang sia-sia.
- RJMP memastikan bahwa perusahaan memiliki tujuan bisnis yang jelas dan memonitor progressnya secara teratur, sehingga memperkuat akuntabilitas perusahaan.
- RJMP memastikan bahwa semua unit bisnis bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan secara terkoordinasi.
- RJMP memfasilitasi pemikiran strategis dan memotivasi perusahaan untuk berinovasi dan mempertimbangkan cara-cara baru untuk mencapai tujuan bisnis.
- RJMP memastikan bahwa perusahaan memiliki visi jangka panjang dan tujuan bisnis yang jelas, sehingga memperkuat kepercayaan investor dan menarik lebih banyak modal.
- RJMP memastikan bahwa perusahaan memiliki arah dan fokus yang jelas dalam pengambilan keputusan bisnis, sehingga meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.
Komponen RJMP
- Pendahuluan yang terdiri dari: Latar belakang, tujuan, visi dan misi perusahaan.
- Analisis rencana jangka panjang perusahaan (RJPP).
- Analisis posisi perusahaan saat ini.
- Asumsi-asumsi yang digunakan dalam penyusunan RJMP.
- Strategi pencapaian tujuan perusahan.
Tahapan Penyusunan RJMP
- Melakukan evaluasi dari rencana jangka panjang dan menentukan posisi perusahaan saat ini.
- Melakukan adjustment dari perencanaan jangka panjang yang dimiliki, apakah target atau KPInya masih relevan.
- Melakukan financial modeling sehingga dapat menarik investor.
Dampak Positif dari RJMP bagi Stakeholder
- Dalam aspek keuangan, maka dapat memudahkan stakeholder untuk menyampaikan kinerjanya kepada para investor.
- Dalam aspek operasional, dapat memberikan efisiensi dan efektivitas. Sehingga perusahaan bisa memberikan sumber daya yang proporsional untuk mencapai target, jadi tidak ada residu atau sumber daya yang terbengkalai.
- Dalam alokasi budget, ketika sudah memiliki arah yang jelas dalam RJMP, stakeholder bisa mengatur budget, mempersiapkan cost structure dan bahkan cash management perusahaan.
- Lebih mudah untuk mengarahkan SDM untuk mencapai KPI pada level perusahaan, level departemen bahkan sampai KPI individual.
Alat Analisis yang Digunakan dalam Penyusunan RJMP
Secara umum, menggunakan beberapa alat dalam manajemen strategi. Misalnya, ketika kita ingin melihat posisi perusahaan secara general maka memakai analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat). Analisis ini, menghubungkan bagaimana kekuatan yang dimiliki perusahaan dapat menghasilkan opportunity (peluang), bagaimana kekuatan yang dimiliki perusahaan dapat menghindari atau menghadapi ancaman, kemudian bagaimana kelemahan yang dimiliki perusahaan tidak menghalangi perusahaan untuk mendapatkan opportunity (peluang), dan bagaimana kelemahan ini tidak memperburuk kondisi perusahaan ketika ancaman datang. Penggunaan alat analisis ini sifatnya fungsional disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut adalah beberapa alat analisis yang sering digunakan dalam penyusunan RJMP:
- Analisis SWOT: Analisis SWOT membantu perusahaan mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis. Ini membantu perusahaan memahami lingkungan bisnis dan memprioritaskan aksi untuk mencapai tujuan bisnis.
- Analisis PESTEL: Analisis PESTEL membantu perusahaan memahami faktor politik, ekonomi, sosial, teknologi, lingkungan, dan hukum yang mempengaruhi bisnis. Ini membantu perusahaan memprioritaskan aksi untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang bisnis.
- Analisis Five Forces: Analisis Five Forces membantu perusahaan memahami kompetisi dalam industri dan memprioritaskan aksi untuk memperkuat posisi bisnis.
- Analisis Matrik BCG: Analisis Matrik BCG membantu perusahaan memahami posisi produk dan memprioritaskan aksi untuk memperkuat bisnis dan memperkecil risiko.
- Analisis Porters Diamond: Analisis Porters Diamond membantu perusahaan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kompetitif dalam industri dan memprioritaskan aksi untuk memperkuat posisi bisnis.
Kombinasi dari beberapa alat analisis ini dapat membantu perusahaan memahami lingkungan bisnis dan memprioritaskan aksi untuk mencapai tujuan bisnis.
Ingin menggunakan jasa konsultan untuk Penyusunan Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP)?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.
Referensi: Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP).