Visi

Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait penyusunan visi perusahaan?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.

Pernyataan Visi Perusahaan

VISI  merupakan pernyataan yang jelas dari tujuan akhir sebuah organisasi.

MEMAHAMI VISI ORGANISASI

Tujuan akhir dalam organisasi memiliki peran paling penting untuk membawa modal seluruh organisasi untuk mencapai tujuan secara bersama-sama dan selaras mulai dari level manajer, supervisor hingga karyawan. Tujuan akhir jangka panjang, jelas dan layak dengan mempertimbangkan sumber daya organisasi.

Pertanyaan utama dari tujuan akhir sebuah organisasi adalah “Ingin menjadi apa organisasi Anda?” Pernyataan tujuan biasanya ditulis dalam satu kalimat, menginspirasi, jelas dan mudah diingat, mengungkapkan tujuan jangka panjang organisasi. Pernyataan tujuan akhir dari sebuah organisasi dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Pernyataan visi menunjukkan sumber daya yang dimiliki, kompetensi dan keterampilan yang diperlukan untuk meraih tujuan akhir. Sehingga dapat digunakan sebagai petunjuk utama dalam membuat pengambilan keputusan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar lebih efektif.

PERBEDAAN ANTARA VISI DAN MISI 

Visi dan  Misi  sering digunakan secara bersama-sama untuk menyampaikan tujuan organisasi. Stakeholder terkadang menyampaikan vision dan mission secara terbalik, padahal vision dan mission tidak dapat diubah perannya masing-masing.

Tabel di bawah ini akan menjelaskan perbedaan mendasar antara vision dan mission organisasi yang dapat membantu stakeholders dalam meningkatkan kinerja organisasi.

PERBEDAAN VISI DAN MISI
VISIMISI
Tujuan
Menyampaikan tujuan akhir yang ingin dicapai organisasi Menyampaikan agenda utama yang ingin dicapai organisasi saat ini
Punya Strategis
Organisasi Anda ingin menjadi apa?Apa yang ingin dilakukan organisasi Anda saat ini?
Instrumen
Visi mengandung:
  1. Tujuan
  2. Nilai
Misi mengandung capaian pada:
  1. Pelanggan
  2. Produk atau Jasa
  3. Pasar
  4. Teknologi
  5. Fokus pada Kelangsungan Organisai
  6. Filosofi
  7. Fokus pada Image
  8. Fokus pada Pengelolaan Karyawan
Dimensi Waktu
Masa depanSaat ini(periode waktu yang telah ditentukan)
Fokus Pengembangan
Anggota organisasi/karyawan perusahaanKaryawan, pelanggan, suplier, distributor, kolega dan komunitas
Urutan Penentuan
Visi dibuat diurutan pertamaMisi dibuat setelah visi terbentuk
Proses Perubahan
Jarang dilakukan perubahan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk meraih visi organisasiMisi dapat dirubah setelah organisasi dapat meraih misi sebelumnya (sering terjadi dilakukan setelah lima tahun)

MANFAAT VISI

Tidak semua tujuan akhir selaras dengan tujuan jangka panjang organisasi. Sering terjadi tujuan akhir sebuah organisasi hanya menyampaikan aspek finansial sebagai tujuan akhir. Aspek lain yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja organisasi seperti motivasi karyawan jarang disampaikan.

Ada manfaat yang besar apabila organisasi mampu membuat tujuan akhir yang tepat. Manfaat tersebut yaitu :

  1. Memotivasi dan menginspirasi karyawan,
  2. Menyampaikan tujuan yang jelas untuk dikerjakan stakeholder,
  3. Menentukan jangkauan goal yang jelas (sesuai sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki),
  4. Memberikan guideline manajer untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif.

MENENTUKAN VISI

Menyusun tujuan akhir merupakan langkah pertama yang penting bagi proses manajemen strategis. Berikut cara yang kami rekomendasikan untuk Anda dalam menentukan vision, yaitu sebagai berikut :

Langkah pertama : Mengumpulkan stakeholder (direksi, manajer dan karyawan) dan shareholder

Tujuan akhir harus diketahui oleh seluruh karyawan dari berbagai level manajerial. Seluruh karyawan perlu mengetahui visi atau tujuan akhir sebuah organisasi sebagai proses membangun komitmen terhadap tujuan jangka panjang organisasi. Setelah semua pihak mengetahui dan memahami tujuan akhir organisasi, maka organisasi perlu mendistribusikan atribut yang dapat mengingatkan berbagai level karyawan terhadap tujuan akhir tersebut dapat berupa virtual website dan desain grafis (misal, poster dan x-banner). Sehingga semua orang dapat membaca dan memahami tujuan organisasi.

Langkah kedua : Menanyakan visi organisasi sesuai versi stakeholder dan shareholder

Langkah selanjutnya setelah mengumpulkan stakeholder dan shareholder, yaitu menanyakan visi organisasi menurut perspektif mereka lalu mengumpulkan hasil review mereka kepada tim yang bertugas. Setelah itu, tim yang bertugas perlu mengkombinasikan semua review yang terkumpul. Langkah kedua ini dapat mengurangi konflik kepentingan yang dapat muncul akibat perbedaan melihat tujuan akhir organisasi.

Langkah ketiga : Melakukan perbaikan visi dan menyampaikan visi yang terbaru

Draft tujuan akhir organisasi yang terbaru perlu disampaikan kepada karyawan yang mengirimkan review (di tahap kedua) sebelum ditentukan tujuan akhir yang final. Setelah ditentukan tujuan akhir terbaru, maka tim yang bertugas perlu menyampaikannya kepada seluruh karyawan dan pihak lainnya yang berkepentingan.

CONTOH VISI ORGANISASI 

GOOD VISIONS
Perkebunan Nusantara IV : Menjadi perusahaan unggul dalam usaha agrobisnis yang terintegrasi
Pertamina : Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia
Pelindo I : Menjadi Nomor Satu di Bisnis Kepelabuhan di Indonesia

Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait penyusunan visi perusahaan?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.

33 Comments

  1. Pingback:Menyusun Misi Perusahaan - KMMB

  2. Pingback:Business Planning - KMMB Konsultan Manajemen

  3. Pingback:Corporate Planning - KMMB Konsultan Manajemen

  4. Pingback:Manajemen Strategi - KMMB Konsultan Manajemen

  5. Pingback:Proses Manajemen Strategi dan Perencanaan Strategis - KMMB

  6. Pingback:7s McKinsey (Model 7s McKinsey) - KMMB

  7. Pingback:RJPP - Rencana Jangka Panjang Perusahaan - KMMB Konsultan Manajemen

  8. Pingback:STAKEHOLDERS - Jasa Penyusunan Roadmap Stakeholders

  9. Pingback:GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) - Jasa Penyusunan Roadmap GCG

  10. Pingback:Pengembangan Ekonomi Syariah - KMMB Konsultan Manajemen

  11. Pingback:Konsultan Penyusunan Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP)

  12. Pingback:Jasa Penyusunan Roadmap Good Corporate Governance (GCG)

  13. Pingback:Konsultan RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) Profesional

  14. Pingback:Konsultan Corporate Planning Terbaik No. 1 Di Indonesia

  15. Pingback:Jasa Konsultan Penyusunan Business Plan (Rencana Bisnis)

  16. Pingback:Menyusun Misi Perusahaan - KMMB Konsultan Manajemen

  17. Pingback:Jasa Penyusunan RJPP BUMN PT Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia

  18. Pingback:Jasa Penyusunan RJPP PT Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia

  19. Pingback:Jasa Penyusunan Corporate Plan BUMN PT Pertamina

  20. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia

  21. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Bisnis Pertamina (Business Plan)

  22. Pingback:Konsultan Penyusunan Rencana Pengembangan Pertamina

  23. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Jangka Panjang BUMN BRI Terbaik No 1 Di Indonesia

  24. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)

  25. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis Bank Mandiri Terbaik

  26. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Jangka Panjang Bank Mandiri Terbaik

  27. Pingback:Jasa Penyusunan RJPP Bank Mandiri Terbaik No 1 Di Indonesia

  28. Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Pengembangan Bank Mandiri

  29. Pingback:Jasa Penyusunan RJPP Bank Negara Indonesia (BNI) Terbaik

  30. Pingback:Jasa Konsultan Rencana Strategis BNI (Bank Negara Indonesia)

  31. Pingback:Konsultan Corporate Plan BNI (Bank Negara Indonesia) Terbaik

  32. Pingback:Konsultan Rencana Pengembangan BNI (Bank Negara Indonesia)

  33. Pingback:Jasa Penyusunan RJPP BNI (Bank Negara Indonesia) Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *