Konsultan Corporate Planning Terbaik No. 1 Di Indonesia

corporate planning

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Corporate Planning?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

JASA PENYUSUNAN PERENCANAAN PERUSAHAAN (CORPORATE PLANNING)

Memaksimalkan keuntungan, menarik  pelanggan, mempertahankan loyalitas pelanggan jangka panjang adalah tujuan akhir dari setiap bisnis yang sudah mapan, seperti bisnis Anda. Untuk mencapai semua tujuan tersebut di atas, perusahaan tentunya harus mengembangkan strategi yang diterapkan di semua tingkatan perusahaan. Menurut Wheelen dan Nälja (2008:15), strategi perusahaan besar memiliki beberapa tingkatan. Strategi manajemen yang berkembang sesuai dengan perkembangan perusahaan memiliki tiga tingkatan, yaitu strategi grup, strategi unit bisnis, dan strategi operasional. Dengan demikian, dalam konteks ini, kami mempertimbangkan strategi tingkat perusahaan,  yaitu perencanaan perusahaan.

Definisi Corporate Planning (Perencanaan Perusahaan)

Corporate Planning (Perencanaan Perusahaan) adalah rencana strategis yang memandu langkah perusahaan selanjutnya di tingkat korporat. Perencanaan perusahaan biasanya jangka pendek 3-5 tahun dan jangka panjang, misalnya 15 tahun, dan digunakan sebagai dasar penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan (business plan). Menjadi tingkat perusahaan, apa yang kami fokuskan sangat beragam. Mulai dari kita mempertimbangkan aspek internasional, makro, mikro, kemudian aspek nasional seperti pergerakan politik, inflasi dan lain-lain. Oleh karena itu dalam perencanaan perusahaan sangat penting bagi perusahaan untuk dapat melihat lingkungan internal dan eksternal perusahaan. perusahaan Kami kemudian membuat desain yang diharapkan dapat menjadi panduan bagi manajemen saat mereka mengubah perusahaan ke masa depan.

Manfaat Corporate Planning bagi Perusahaan

  1. Corporate planning ini sangat krusial bagi perusahaan dalam membantu para stakeholder untuk mencapai tujuan yaitu visi dan misi perusahaan.
  2. Berfungsi sebagai alat manajemen dalam menentukan arah perusahaan dalam menghadapi dampak dari berbagai perubahan yang terjadi.
  3. Membantu perusahaan untuk meyakinkan investor karena mereka akan tahu jelas progress perusahan tahun berikutnya seperti apa.
  4. Meminimalisir pemborosan anggaran dan tindakan yang tidak perlu.
  5. Sebagai sarana komunikasi dengan semua pihak yang berkepentingan.

Komponen dari Corporate Planning

Pertama, BAB 1 yaitu pendahuluan terdiri dari latar belakang, tujuan, visi dan misi perusahaan.

Kedua, BAB 2 yaitu analisis kondisi internal dan eksternal perusahaan. Sangat penting bagi perusahaan untuk menganalisis faktor-faktor ini. Interaksi antar lingkungan internal maupun eksterrnal akan sangat mempengaruhi kemampuan serta strategi-strategi penting bagi para pengambil keputusan. Contoh analisis eksternal adalah pandemi Covid-19 kemarin, tentu hal ini sangat berdampak bagi perusahaan, contoh lain yaitu geopolitik, suku bunga The Fed yang menjadi salah satu acuan dari berbagai bank sentral dari berbagai negara, maka kita juga harus memastikan aspek itu. Nah selain faktor eksternal, kita juga harus melihat faktor internal, antara lain karyawan, operasional perusahaan, dsb.

Ketiga, BAB 3 yaitu membuat postulat atau merumuskan strategi untuk jangka tahun tertentu.

Keempat, BAB 4 yaitu rekomendasi dan kesimpulan.

Tahapan dari Penyusunan Dokumen Corporate Planning

Pertama, melakukan brainstorming dengan perusahaan untuk melihat isu-isu apa yang akan terjadi kedepan kemudian bagaimana strategi kedepannya.

Kedua, menggali informasi yang dilakukan melalui mini research dan dalam penyusunan corporate planning ini diambil dari data sekunder maupun data primer.

a. Data sekunder dapat diperoleh dari laporan keuangan, laporan kinerja, laporan investor, media sosial, dsb.

b. Data primer diperoleh dari observasi yaitu melalui wawancara baik secara formal maupun informal meeting. Beberapa kali kami mengadakan informal meeting baik dengan bermain golf, tenis, makan malam menu-menu favorit, dsb, karena ketika dalam kondisi nyaman, banyak klien yang menyampaikan uneg-unegnya. Maka seperti filosofi kuno, kalau kita mau memotong pohon maka harus mengasah dulu kapaknya. Jadi sama, ketika kita mau menyelesaikan masalah dalam perusahaan, maka kita harus tahu betul masalah utama perusahaan ini apa. Ketika kita sudah tahu hal ini, kita sudah menyelesaikan 70% solusi yang akan kita berikan bagi perusahaan dalam menyusun perencanaan strategisnya ini.

Ketiga, menganalisis dan mengolah data, kemudian menginterpretasikan dan menyampaikan hasil yaitu dokumen corporate planning. Setelah mendapatkan feedback dari semua stakeholder, selanjutkan dilakukan perbaikan sampai tahap finalisasi corporate planning.

Dampak Positif Corporate Planning bagi Stakeholders

  1. Menjadi panduan bagi para Top Management Level dalam menjalankan perusahaan. Karena ketika sudah sibuk dengan rutinitas kantor akan mengalami spatial myopia atau kalau kita rujuk dari California Management yaitu suatu kondisi dimana mereka sulit berpikir secara helicopter view atau secara makro. Oleh karena itu, corporate planning ini dapat menjadi nahkoda yang membantu mereka dalam menjalankan perusahaan.
  2. Menjadi panduan dalam membuat kebijakan, rekomendasi, strategi, regulasi, SOP dan sebagainya. Sehingga corporate planning ini sangat strategis untuk perusahaan supaya pengelolaannya lebih mudah.
  3. Dokumen corporate planning ini sangat krusial untuk mendapatkan investor.
  4. Memudahkan perusahaan ketika akan melakukan evaluasi yang biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali atau evaluasi tahunan.
  5. Memudahkan perusahaan dalam menyusun dokumen RKAP (Rencana Keuangan Anggaran Perusahaan) yang biasanya dilakukan setiap bulan Oktober-November, sehingga langkah perusahaan setiap tahun akan mengalami progress. Progress satu langkah itu jauh lebih baik daripada kita tidak melangkah satupun.

Alat Analisis untuk Penyusunan Corporate Planning

Alat analisis yang kami gunakan untuk menyusun dokumen corporate planning disesuaikan dengan kompleksitas masalah dan kapasitas perusahaan dalam melangkah ke depan. Secara umum memang banyak praktisi menggunakan SWOT Analysis, IFE/EFE, IE Matrix, dsb. Namun, untuk jangka panjang seperti 15 tahun, alat analisis seperti ini tidak cukup. Sehingga, alat analisis yang kami gunakan saat itu adalah alat analisis VRIO dengan menganalisis beberapa faktor diantaranya valueable (berharga), rare (langka), inimitable (tidak dapat diimitasi), organized (terorganisir). Faktor-faktor ini dapat memfasilitasi perusahaan agar terus sustain (berkelanjutan) sehingga dapat menciptakan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang.

Metode Kerangka Berfikir untuk Penyusunan Corporate Planning

Penyusunan corporate planning ini menggunakan pendekatan berbasis strategic planning yaitu diawali dengan pendekatan pada visi dan misi perusahaan, kemudian dilakukan analisis kebutuhan lingkungan internal dan eksternal, selanjutnya baru merumuskan strategi dan membuat rencana aksi yang membutuhkan beberapa instrument, struktur, people, dsb.

Lama Pengerjaan Corporate Planning

Secara tim, proses pengerjaan corporate planning untuk jangka panjang memerlukan waktu kurang lebih 3-5 bulan, kemudian untuk jangka menengah seperti 5 tahun memerlukan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Corporate Planning?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

4 Comments

  1. Pingback:Corporate Financial Planning (Financial Modeling, Valuation, Feasibility Study, Due Diligence) - KMMB Konsultan Manajemen

  2. Pingback:ROADMAP BRANDING - KMMB Konsultan Manajemen

  3. Pingback:Infrastructure Roadmap - Konsultan Penyusunan Roadmap Infrastruktur

  4. Pingback:Konsultan Penyusunan Corporate Plan Bank Mandiri Terbaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *