Konsultan RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) Profesional

rjpp

RENCANA JANGKA PANJANG PERUSAHAAN (RJPP)

RJPP | Rencana Jangka Panjang Perusahaan dan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan yang disusun dengan matang sangat membantu pengelolaan perusahaan. Selain itu, rencana jangka panjang perusahaan harus melaporkan kepada komisaris, manajer dan investor mengenai kondisi keuangan anak perusahaan atau afiliasi. Rencana jangka panjang perusahaan juga harus memastikan bahwa afiliasi atau anak perusahaannya mematuhi peraturan yang berlaku.

Definisi Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP)

Rencana Jangka Panjang Perusahaan adalah alat perencanaan manajemen  strategis untuk mengalokasikan sumber daya perusahaan untuk mencapai tujuan  jangka panjang perusahaan. Rencana jangka panjang perusahaan menjadi dasar penyusunan RKAP (Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan) sehingga  menjadi alat pengendalian manajemen sekaligus alat pelaporan manajemen.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

Manfaat Rencana Jangka Panjang Perusahaan bagi Perusahaan

  1. Dapat digunakan untuk menilai kinerja anak perusahaan atau anak usaha.
  2. Dapat digunakan untuk mengukur risiko yang timbul dari anak perusahaan atau anak usaha.
  3. Dapat memberikan informasi tentang bagaimana meningkatkan kinerja anak perusahaan atau anak usaha.
  4. Dapat memberikan informasi tentang bagaimana mengendalikan dan mengurasi risiko yang timbul.
  5. Dapat memberikan rekomendasi tentang bagaimana meningkatkan efisiensi dan efektivitas kepada perusahaan.

Komponen Rencana Jangka Panjang Perusahaan 

Sebagaimana yang dimaksud pada Keputusan Menteri BUMN, Rencana Jangka Panjang Perusahaan sekurang-kurangnya memuat :

  1. Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, tujuan, visi dan misi dan arah pengembangan perusahaan (secara umum);
  2. Evaluasi Rencana Jangka Panjang yang baru lalu;
  3. Posisi perusahaan saat ini;
  4. Asumsi-asumsi yang digunakan dalam penyusunan Rencana Jangka Panjang;
  5. Tujuan, sasaran dan strategi pencapaiannya.

Tahapan Penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan

Dalam penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan ini terdapat beberapa tahapan, namun pada intinya terdapat 3 tahapan yaitu :

  1. Diawali dengan menggali tujuan, visi dan misi perusahaan serta arah pengembangan perusahaan.
  2. Sebelum dilakukan penyusunan strategi, perusahaan perlu mengevaluasi rencana jangka panjang periode sebelumnya kemudian menentukan posisi perusahaan saat ini dengan menggunakan beberapa alat analisis.
  3. Tahapan terakhir yaitu menentukan aransemen pendukung organisasi.

Dampak Positif Rencana Jangka Panjang Perusahaan bagi Stakeholder

Rencana jangka panjang perusahaan digunakan untuk menyusun key performance indicator mulai dari level direksi, manajerial fungsional, bahkan sampai level individu dan job grading sehingga tidak terjadi tumpah tindih dalam pengklasifikasian tugas. Rencana jangka panjang perusahaan juga bermanfaat bagi investor untuk menilai kinerja perusahaan. Selain itu, rencana jangka panjang perusahaan membantu tim manajemen untuk memenuhi transparansi dan akuntabilitas sehingga tercapai tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance).

Alat Analisis untuk Penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan

Tentu alat analisisnya sangat banyak, penggunaan alat analisis ini disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Misalnya, jika akan menganalisis posisi perusahaan saat ini maka kita perlu melihat kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman pada setiap bidang kegiatan dalam hal ini menggunakan analisis SWOT. Jika ingin menganalisis daya tarik pasar dan daya saing perusahaan, maka dapat menggunakan alat analisis Matrix Daya Tarik Industri.

Metode Kerangka Berpikir yang Digunakan untuk Penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan

Penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan ini menggunakan pendekatan manajemen strategi yaitu diawali dengan menggali visi dan misi perusahaan, kemudian mengukur serta mengevaluasi kinerja perusahaan dan anak usaha, menganalisis posisi perusahaan dan lingkungan bisnis, merumuskan strategi dan membuat rencana aksi. Secara garis besar dibagi dalam tiga tahap yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi.

Lama Waktu Pengerjaan Rencana Jangka Panjang Perusahaan

Pengerjaan proyek Rencana Jangka Panjang Perusahaan ini berkisar antara 2-3 bulan.

RJPP – Company Long Term Plan

A carefully prepared company long term plan and RKAP will help the company management a lot. In addition, company long term plan is required to report to the commissioners, directors as well as investors about the financial condition of the subsidiary or subsidiary. Company long term plan is also required to ensure that subsidiaries or subsidiaries follow the applicable regulations.

Definition of Corporate Long Term Plan

The company’s long-term plan is one of the strategic management planning tools to allocate company resources in achieving the company’s long-term goals. Company long term plan is the basis for preparing the RKAP (Company Work Plan and Budget) so that it can become a management control tool as well as a medium for management accountability.

Benefits of the Company’s Long Term Plan for the Company

  1. Can be used to assess the performance of a subsidiary or subsidiary.
  2. Can be used to measure risks arising from subsidiaries or subsidiaries.
  3. Can provide information on how to improve the performance of subsidiaries or subsidiaries.
  4. Can provide information on how to control and reduce the risks that arise.
  5. Can provide recommendations on how to improve efficiency and effectiveness to the company.

Components of the Company’s Long Term Plan

As referred to in the Decree of the Minister of SOEs, the Company’s Long Term Plan contains at least:

  1. Introduction consisting of background, objectives, vision and mission and direction of company development (in general);
  2. Evaluation of the recent Long Term Plan;
  3. The current position of the company;
  4. Assumptions used in the preparation of the Long Term Plan;
  5. Goals, objectives and strategies for achieving them.

Steps to Compilation of the Company’s Long Term Plan

In the preparation of this company long term plan there are several stages, but in essence there are 3 stages, namely:

  1. Beginning with exploring the company’s goals, vision and mission as well as the direction of company development.
  2. Before developing a strategy, the company needs to evaluate the long-term plan of the previous period and then determine the company’s current position using several analytical tools.
  3. The last stage is to determine the organization’s supporting arrangements.

Positive Impact of the Company’s Long Term Plan for Stakeholders

Company long term plan is used to compile key performance indicators starting from the level of directors, functional managerial, even to the individual level and job grading so that there is no overlap in the classification of tasks. Company long term plan is also useful for investors to assess the company’s performance. In addition, company long term plan helps the management team to fulfill transparency and accountability in order to achieve good corporate governance.

Analysis Tools Used in Compilation of Company Long Term Plans

Of course there are many analytical tools, the use of these analytical tools is tailored to the needs of the company. For example, if we are going to analyze the company’s current position, we need to look at the strengths, weaknesses, opportunities and threats in each field of activity in this case using a SWOT analysis. If you want to analyze market attractiveness and company competitiveness, you can use the Industry Attractiveness Matrix analysis tool.

The Thinking Framework Method Used for the Preparation of the Company Long Term Plan

The preparation of this company long term plan uses a strategic management approach, starting with exploring the company’s vision and mission, then measuring and evaluating the performance of the company and its subsidiaries, analyzing the company’s position and business environment, formulating strategies and making action plans. Broadly speaking, it is divided into three stages, namely strategy formulation, strategy implementation and strategy evaluation.

The length of time required for the preparation of the Company Long Term Plan

The work on the Company’s Long-Term Plan project ranges from 2-3 months.

Ingin menggunakan jasa konsultan untuk penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan konsultan.

3 Comments

  1. Pingback:RENCANA KERJA DAN ANGGARAN PERUSAHAAN (RKAP) - Jasa Penyusunan RKAP

  2. Pingback:RENCANA JANGKA MENENGAH PERUSAHAAN (RJMP) - Jasa Penyusunan RJMP

  3. Pingback:Job Grading & Key Performance Indicators - Jasa Penyusunan Job Grading & Key Performance Indicators (KPI)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *