
Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait penyusunan visi perusahaan?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.
Pernyataan Visi Perusahaan
VISI merupakan pernyataan yang jelas dari tujuan akhir sebuah organisasi.
MEMAHAMI VISI ORGANISASI
Tujuan akhir dalam organisasi memiliki peran paling penting untuk membawa modal seluruh organisasi untuk mencapai tujuan secara bersama-sama dan selaras mulai dari level manajer, supervisor hingga karyawan. Tujuan akhir jangka panjang, jelas dan layak dengan mempertimbangkan sumber daya organisasi.
Pertanyaan utama dari tujuan akhir sebuah organisasi adalah “Ingin menjadi apa organisasi Anda?” Pernyataan tujuan biasanya ditulis dalam satu kalimat, menginspirasi, jelas dan mudah diingat, mengungkapkan tujuan jangka panjang organisasi. Pernyataan tujuan akhir dari sebuah organisasi dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.
Pernyataan visi menunjukkan sumber daya yang dimiliki, kompetensi dan keterampilan yang diperlukan untuk meraih tujuan akhir. Sehingga dapat digunakan sebagai petunjuk utama dalam membuat pengambilan keputusan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki agar lebih efektif.
PERBEDAAN ANTARA VISI DAN MISI
Visi dan Misi sering digunakan secara bersama-sama untuk menyampaikan tujuan organisasi. Stakeholder terkadang menyampaikan vision dan mission secara terbalik, padahal vision dan mission tidak dapat diubah perannya masing-masing.
Tabel di bawah ini akan menjelaskan perbedaan mendasar antara vision dan mission organisasi yang dapat membantu stakeholders dalam meningkatkan kinerja organisasi.
PERBEDAAN VISI DAN MISI | |
---|---|
VISI | MISI |
Tujuan | |
Menyampaikan tujuan akhir yang ingin dicapai organisasi | Menyampaikan agenda utama yang ingin dicapai organisasi saat ini |
Punya Strategis | |
Organisasi Anda ingin menjadi apa? | Apa yang ingin dilakukan organisasi Anda saat ini? |
Instrumen | |
Visi mengandung:
|
Misi mengandung capaian pada:
|
Dimensi Waktu | |
Masa depan | Saat ini(periode waktu yang telah ditentukan) |
Fokus Pengembangan | |
Anggota organisasi/karyawan perusahaan | Karyawan, pelanggan, suplier, distributor, kolega dan komunitas |
Urutan Penentuan | |
Visi dibuat diurutan pertama | Misi dibuat setelah visi terbentuk |
Proses Perubahan | |
Jarang dilakukan perubahan, karena membutuhkan waktu yang lama untuk meraih visi organisasi | Misi dapat dirubah setelah organisasi dapat meraih misi sebelumnya (sering terjadi dilakukan setelah lima tahun) |
MANFAAT VISI
Tidak semua tujuan akhir selaras dengan tujuan jangka panjang organisasi. Sering terjadi tujuan akhir sebuah organisasi hanya menyampaikan aspek finansial sebagai tujuan akhir. Aspek lain yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja organisasi seperti motivasi karyawan jarang disampaikan.
Ada manfaat yang besar apabila organisasi mampu membuat tujuan akhir yang tepat. Manfaat tersebut yaitu :
- Memotivasi dan menginspirasi karyawan,
- Menyampaikan tujuan yang jelas untuk dikerjakan stakeholder,
- Menentukan jangkauan goal yang jelas (sesuai sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki),
- Memberikan guideline manajer untuk mengalokasikan sumber daya secara efektif.
MENENTUKAN VISI
Menyusun tujuan akhir merupakan langkah pertama yang penting bagi proses manajemen strategis. Berikut cara yang kami rekomendasikan untuk Anda dalam menentukan vision, yaitu sebagai berikut :
Langkah pertama : Mengumpulkan stakeholder (direksi, manajer dan karyawan) dan shareholder
Tujuan akhir harus diketahui oleh seluruh karyawan dari berbagai level manajerial. Seluruh karyawan perlu mengetahui visi atau tujuan akhir sebuah organisasi sebagai proses membangun komitmen terhadap tujuan jangka panjang organisasi. Setelah semua pihak mengetahui dan memahami tujuan akhir organisasi, maka organisasi perlu mendistribusikan atribut yang dapat mengingatkan berbagai level karyawan terhadap tujuan akhir tersebut dapat berupa virtual website dan desain grafis (misal, poster dan x-banner). Sehingga semua orang dapat membaca dan memahami tujuan organisasi.
Langkah kedua : Menanyakan visi organisasi sesuai versi stakeholder dan shareholder
Langkah selanjutnya setelah mengumpulkan stakeholder dan shareholder, yaitu menanyakan visi organisasi menurut perspektif mereka lalu mengumpulkan hasil review mereka kepada tim yang bertugas. Setelah itu, tim yang bertugas perlu mengkombinasikan semua review yang terkumpul. Langkah kedua ini dapat mengurangi konflik kepentingan yang dapat muncul akibat perbedaan melihat tujuan akhir organisasi.
Langkah ketiga : Melakukan perbaikan visi dan menyampaikan visi yang terbaru
Draft tujuan akhir organisasi yang terbaru perlu disampaikan kepada karyawan yang mengirimkan review (di tahap kedua) sebelum ditentukan tujuan akhir yang final. Setelah ditentukan tujuan akhir terbaru, maka tim yang bertugas perlu menyampaikannya kepada seluruh karyawan dan pihak lainnya yang berkepentingan.
CONTOH VISI ORGANISASI
GOOD VISIONS |
---|
Perkebunan Nusantara IV : Menjadi perusahaan unggul dalam usaha agrobisnis yang terintegrasi |
Pertamina : Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia |
Pelindo I : Menjadi Nomor Satu di Bisnis Kepelabuhan di Indonesia |
Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait penyusunan visi perusahaan?
Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.
Referensi: Pernyataan Visi Perusahaan.
Pingback:Menyusun Misi Perusahaan - KMMB
Pingback:Business Planning - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:Corporate Planning - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:Manajemen Strategi - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:Proses Manajemen Strategi dan Perencanaan Strategis - KMMB
Pingback:7s McKinsey (Model 7s McKinsey) - KMMB
Pingback:RJPP - Rencana Jangka Panjang Perusahaan - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:STAKEHOLDERS - Jasa Penyusunan Roadmap Stakeholders
Pingback:GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) - Jasa Penyusunan Roadmap GCG
Pingback:Pengembangan Ekonomi Syariah - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:Konsultan Penyusunan Rencana Jangka Menengah Perusahaan (RJMP)
Pingback:Jasa Penyusunan Roadmap Good Corporate Governance (GCG)
Pingback:Konsultan RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan) Profesional
Pingback:Konsultan Corporate Planning Terbaik No. 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Konsultan Penyusunan Business Plan (Rencana Bisnis)
Pingback:Menyusun Misi Perusahaan - KMMB Konsultan Manajemen
Pingback:Jasa Penyusunan RJPP BUMN PT Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Penyusunan RJPP PT Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Penyusunan Corporate Plan BUMN PT Pertamina
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis Pertamina Terbaik No 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Bisnis Pertamina (Business Plan)
Pingback:Konsultan Penyusunan Rencana Pengembangan Pertamina
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Jangka Panjang BUMN BRI Terbaik No 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Strategis Bank Mandiri Terbaik
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Jangka Panjang Bank Mandiri Terbaik
Pingback:Jasa Penyusunan RJPP Bank Mandiri Terbaik No 1 Di Indonesia
Pingback:Jasa Penyusunan Rencana Pengembangan Bank Mandiri
Pingback:Jasa Penyusunan RJPP Bank Negara Indonesia (BNI) Terbaik
Pingback:Jasa Konsultan Rencana Strategis BNI (Bank Negara Indonesia)
Pingback:Konsultan Corporate Plan BNI (Bank Negara Indonesia) Terbaik
Pingback:Konsultan Rencana Pengembangan BNI (Bank Negara Indonesia)
Pingback:Jasa Penyusunan RJPP BNI (Bank Negara Indonesia) Terbaik