competitive profile matrix

Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait Competitive Profile Matrix (CPM)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.

Competitive Profile Matrix (CPM) adalah alat yang membandingkan perusahaan dengan pesaingnya dan mengungkapkan kekuatan dan kelemahan relatif mereka.

Perusahaan sering menggunakan CPM untuk lebih memahami lingkungan eksternal dan persaingan dalam industri tertentu. Matriks ini mengidentifikasi pesaing utama perusahaan dan membandingkannya dengan menggunakan faktor penentu keberhasilan industri. Analisis ini juga mengungkapkan kekuatan dan kelemahan relatif perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya, sehingga perusahaan mengetahui area mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus dilindungi. Di bawah ini adalah contoh matriks:

Pangsa pasarHubungan yang terjalinMenguasai Pemasok
Kualitas produkAkses ke pemasok utamaTenaga kerja terampil
Lokasi dari fasilitasArah strategi yang jelasEfisiensi rantai pasok
Layanan pelangganKapasitas produksiIntegrasi rantai pasok
Kesetiaan pelangganPenambahan fitur produkPengiriman tepat waktu
Reputasi merkPresence online yang tinggiDaya saing harga
Kepuasan pelangganPengelolaan sosial media yang efektifStruktur biaya rendah
Posisi keuanganKetrampilan dalam e-commerceKeberagaman produk
Cadangan kasKualifikasi & pengalaman manajemenProduk komplementer
Margin keuntunganInovasi dalam produk dan jasaTingkat integrasi produk
Budaya inovatifPromosi produk yang suksesPerputaran persediaan
Retensi karyawanKemampuan pemasaran yang superiorProduksi yang efisien
Penghasilan per karyawanKemampuan periklanan unggulanLean Production System
Inovasi per karyawanKemampuan ITJaringan pemasok yang kuat
Biaya per karyawanUkuran anggaran iklanJaringan distribusi yang kuat
Belanja R & DEfektivitas distribusi penjualanDesain produk
Tingkat integrasi vertikalPortofolio paten yang kuatKepuasan karyawan
Paten baru per tahunPerencanaan dan penganggaran yang efektifProgram CSR yang efektif
Pendapatan per produk baruRagam saluran distribusiPenjualan per outlet
Power over distributorPengenalan produk baru yang berhasilDukungan Induk perusahaan

Faktor Penentu Keberhasilan

Faktor-faktor penentu keberhasilan (CSF) adalah bidang-bidang utama, yang harus dilakukan pada tingkat keunggulan tertinggi yang mungkin jika organisasi ingin sukses dalam industri tertentu. Mereka bervariasi antara industri yang berbeda atau bahkan kelompok strategis dan mencakup faktor-faktor internal dan eksternal. Dalam contoh kami, kami telah menyertakan 11 CSF, yang biasanya tidak cukup mewakili. Faktor-faktor keberhasilan yang lebih penting termasuk analisis yang lebih kuat dan akurat. Daftar berikut memberikan beberapa CSF umum, tetapi daftar ini tidak pasti dan Anda harus memasukkan faktor spesifik industri dalam matriks Anda:

Bobot

Setiap faktor penentu keberhasilan harus diberi bobot mulai dari 0,0 (kurang penting) hingga 1,0 (sangat penting). Angka tersebut menunjukkan betapa pentingnya faktor tersebut dalam keberhasilan di industri ini. Jika tidak ada bobot yang ditetapkan, semua faktor akan sama pentingnya, yang merupakan skenario yang mustahil di dunia nyata. Jumlah semua bobot harus sama dengan 1.0. Faktor terpisah tidak boleh diberi terlalu banyak penekanan (memberi bobot 0,3 atau lebih) karena keberhasilan dalam industri jarang ditentukan oleh satu atau beberapa faktor.

Peringkat

Peringkat dalam CPM mengacu pada seberapa baik perusahaan melakukan di setiap area. Mereka berkisar antara 4 sampai 1, di mana 4 berarti kekuatan utama, kekuatan 3 – minor, kelemahan 2 – minor dan 1 – kelemahan utama. Rating, serta bobot, diberikan secara subyektif kepada masing-masing perusahaan, namun prosesnya dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui pembandingan. Benchmarking mengungkapkan seberapa baik perusahaan melakukan perbandingan dibandingkan satu sama lain atau rata-rata industri. Ingatlah bahwa perusahaan dapat diberi peringkat yang sama untuk faktor yang sama. Misalnya, jika Perusahaan A, Perusahaan B dan Perusahaan C, memiliki pangsa pasar 25%, 27% & 28%, mereka akan menerima peringkat 4 daripada menerima peringkat 2, 3 & 4.

Skor & Skor Total

Skor adalah hasil dari bobot dikalikan dengan peringkat. Setiap perusahaan menerima skor pada masing-masing faktor. Skor total hanyalah jumlah semua nilai individu untuk perusahaan. Perusahaan yang mendapat nilai total tertinggi relatif lebih kuat dari pesaingnya. Dalam contoh kita, pemain terkuat di pasar harus Perusahaan B (2,94 poin).

Manfaat CPM:

  • Faktor yang sama digunakan untuk membandingkan perusahaan. Ini membuat perbandingan lebih akurat.
  • Analisis menampilkan informasi pada sebuah matriks, yang memudahkan untuk membandingkan perusahaan secara visual.
  • Hasil dari matriks memudahkan pengambilan keputusan. Perusahaan dapat dengan mudah menentukan area mana yang harus mereka tingkatkan, lindungi atau strategi apa yang harus mereka kejar.

Menyusun CPM

Langkah 1. Identifikasi faktor penentu keberhasilan

Untuk mempermudah, gunakan daftar CSF kami dan sertakan sebanyak mungkin faktor. Selain itu, pertanyaan berikut harus membantu mengidentifikasi CSF industri: Mengapa konsumen lebih menyukai Perusahaan A daripada perusahaan B atau sebaliknya? Sumber daya, kemampuan, dan kompetensi apa yang dimiliki perusahaan? Apa keunggulan kompetitif kompetitif yang dimiliki perusahaan di industri? Mengapa beberapa perusahaan berhasil dan yang lainnya gagal dalam industri ini?

Langkah 2. Tetapkan bobot dan peringkat

Cara terbaik untuk mengidentifikasi bobot apa yang harus diberikan pada masing-masing faktor adalah membandingkan perusahaan dengan kinerja terbaik dan terburuk di industri ini. Perusahaan yang berkinerja baik biasanya akan melakukan kegiatan yang penting untuk kesuksesan di industri ini. Mereka akan menempatkan sebagian besar sumber daya dan energi mereka ke dalam kegiatan tersebut dibandingkan dengan organisasi berkinerja rendah. Bobot juga dapat ditentukan dalam diskusi dengan manajer tingkat atas lainnya. Penilaian harus diberikan dengan menggunakan benchmarking atau selama diskusi tim.

Langkah 3. Bandingkan skor dan ambil tindakan

Anda harus membandingkan skor pada masing-masing faktor untuk mengidentifikasi di mana kekuatan dan kelemahan relatif perusahaan berada. Dalam contoh pertama kami, Perusahaan A memiliki kekuatan relatif dalam ‘tingkat integrasi produk’, ‘rangkaian produk’ dan ‘variasi saluran distribusi’. Oleh karena itu, Perusahaan A harus melindungi area ini sambil mencoba memperbaiki kelemahannya dalam ‘penjualan per karyawan’ dan ‘pangsa pasar’. Perusahaan juga harus memperbaiki strateginya agar lebih sukses di industri ini.

Berikut ini merupakan contoh CPM dari beberasa maskapai penerbangan :

Faktor Penentu Keberhasilan (CSF)BobotGaruda IndonesiaSriwijaya AirSingapore Airlanes
PeringkatSkorPeringkatSkorPeringkatSkor
Teknologi0.1150.5540.4440.44
Periklanan0.0550.2550.2530.15
Harga0.1730.5150.8530.51
Fasilitas0.1440.5630.4240.56
Pelayanan0.2340.9230.6940.92
Rute Penerbangan0.0840.3240.3250.4
Ketepatan Waktu0.130.330.340.4
Keamanan0.1240.4840.4840.48
TOTAL13.893.753.86

Menurut hasil perhitungan SPM, Perusahaan Garuda Indonesia memiliki nilai yang paling tinggi diantara dua maskapai lainnya, dengan nilai 3,89.

Ingin berdiskusi lebih lanjut terkait Competitive Profile Matrix (CPM)?

Silahkan kontak ke nomor +62 822-3333-3724 atau tekan tombol logo WhatsApps untuk mengajukan layanan diskusi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *